MY FAVORITE DIY MASK AT HOME

a

Berawal dari perbincangan saya dengan junior saya tentang masker dan saya tipe yang kadang sekali sekali mencoba masker dengan harga yang lumayan karena penasaran, tetapi belinya dalam bentuk sachet karena kalo langsung beli sebotol besar dan ga cocok sayang banget pengeluarannya hehehe. Ada saat-saat saya malas untuk beli stock masker dan bahkan malas keluar rumah hanya untuk membeli masker sachet. Masker wajah sebenarnya ga harus beli ya, kita bisa buat atau racik sendiri dengan bahan-bahan yang ada dirumah. Saya sempat mencoba beberapa racikan masker seperti masker madu, oat, mentimun dll dan tidak semuanya favorite saya, tetapi ada 3 DIY masker yang saya sering buat dan jadi favorite saya untuk maskeran di rumah dan tentunya ini murah dan semua orang bisa mencoba masker ini.

 

d

MASKER PUTIH TELUR

Sebenarnya masker ini sudah tidak asing lagi untuk beberapa orang dan putih telur memang banyak kegunaannya untuk kulit. Putih telur bisa untuk mengencangkan wajah, mengangkat sel kulit mati dan juga bisa untuk mengangkat komedo di bagian hidung. Bahan yang saya siapkan dirumah sebelum maskeran adalah tissue yang sudah saya potong-potong, satu mangkok kecil, satu garpu makan. Step-stepnya adalah sebagai berikut :

  • Gunting tissue menggunakan gunting menjadi beberapa bagian untuk menutupi wajah kita nantinya.
  • Pisahkan putih telur dari kuningnya dengan hanya membuka cangkang telur sedikit dan dituangkan ke mangkok secukupnya *tidak perlu sampai semuanya.
  • Kocok putih telur sampai hancur dengan garpu
  • Sebelumnya pastikan wajah sudah bersih sebelum maskeran dan basuh dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan keringkan dengan handuk.
  • Aplikasikan putih telur yang sudah di kocok tadi dengan garpu/sendok/brush murah ke wajah kita kemudian lapisi dengan tissue dan kemudian lapisi lagi dengan putih telur *ini optional ya
  • Tunggu sampai kering dimana wajah kita jd kencang dan susah untuk senyum *kamu bisa pegang untuk memastikan masker dalam keadaan kering.
  • Cabut masker seperti mencabut peel off masker dan cuci wajah sesudahnya jika merasa belum bersih dari masker.
  • Bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori

NOTE

Pemakaian masker ini bisa hanya pada bagian hidung dan pipi untuk mengeluarkan komedo. Kamu bisa nonton di youtube juga karena banyak yang membuat demo masker putih telur dengan tissue. Siap-siap melihat komedo terangkat di tissue yang sudah dicabut ya hehehe dan itu salah satu kepuasan tersendiri bagi saya.

 

b

MASKER OAT

Masker oat adalah masker favorite saya karena pembuatannya termasuk mudah dengan mengambil 1 setengah sendok oat (biasanya saya ambil oat yang untuk dimakan itu hehehe) dan campurkan dengan sedikit air untuk mencampai konsistensi kental (jangan terlalu encer ya, biasanya saya blender oatnya agar lebih halus sebelum dijadikan masker). Sebelumnya basuh wajah dengan air hangat dan keringkan kemudianย aplikasikan masker ini dengan sendok makan atau brush wajah (brush wajah yang murah) di wajah kemudian tunggu hingga kering. Sensasi dari masker oat yaitu dingin di wajah dan menenangkan merah-merah di wajah, sangat cocok untuk wajah sensitif seperti saya. Setelah masker ini kering kalian bisa membersihkan masker ini dengan handuk kecil atau dengan tangan. Jangan lupa membilas masker dengan air dingin untuk menyegarkan wajah dan menutup pori-pori.

 

c

MASKER JERUK & WORTEL

Saya suka minum jus wortel ditambah perasan jeruk karena rasanya sangat segar. Jika sedang membuat jus ini saya biasanya menyaring ampasnya dan didiamkan sebentar di kulkas supaya dingin. Kemudian saya aplikasikan ke wajah ketika wajah dalam keadaan bersih. Sensasinya langsung dingin dan segar di wajah, jangan lupa siapkan handuk di sekeliling pundak agar ampasnya tidak jatuh-jatuh ke pundak atau baju kita. Pastikan ampasnya diperas kering sehingga tidak terlalu berair ketika di aplikasikan ke wajah. Saya menunggu sekitar 10-15 menit lalu kemudian saya bersihkan maskernya dengan air dingin. Saya sempat kaget ketika sesudah membersihkan masker, wajah jadi agak kuning ahahaha, jangan panik ya jadi bilas saja sampai bersih atau gunakan sabun sedikit jika merasa masih kurang bersih. Wortel merupakan antioksidan dan juga berfungsi mencerahkan wajah. Jadi setiap kali saya buat jus jeruk dan wortel pasti ampasnya akan saya saring dan simpan di kulkas.

Saran dari saya yaitu selalu pastikan wajah dalam keadaan bersih sebelum menggunakan masker, dan juga selalu membasuh wajah dengan air hangat sebelum pemakaian masker. Sesudah pemakaian masker jangan lupa basuh wajah dengan air dingin agar pori-pori tertutup kembali dan pastikan tidak ada sisa masker yang tertinggal. Selamat mencoba masker ini jika ingin mencobanya dirumah.

 

 

 

 

2 thoughts on “MY FAVORITE DIY MASK AT HOME”

    1. iya mbak aprillia, aku kalo malas beli masker di toko lebih milih buat DIY masker dirumah :)..thanks for visit my blog..ternyata ngeblog juga ya mbak hihihi..nanti aku mampir ke blognya mbak aprillia hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *