Memulihkan Diri Pasca Sakit

Multivitamin-Mineral Theragran-M
Multivitamin-Mineral Theragran-M

Saya sadar bahwa badan saya termasuk tipe yang gampang sakit apalagi kondisi badan saya sering drop ketika datang bulan. Beberapa minggu yang lalu juga saya sempat mengalami sakit batuk yang membuat saya susah tidur dan ternyata penyembuhannya agak lama (ceritanya bisa dibaca di sini). Saya kadang kesel sama badan saya sendiri yang gampang sakit namun saya juga sadar saya suka kembali ke bad habit saya yaitu tidur kemalaman, malas makan buah dan malas olah raga. Saya juga termasuk tipe yang bergantung pada mood jika harus olah raga.

Karena minggu lalu saya sakit batuk yang lumayan menguras waktu, saya jadi mengurangi aktivitas pergi-pergi ketika saya dalam tahap penyembuhan. Saya lebih banyak istirahat dirumah dan makan banyak,mumpung nafsu makan saya sedang kembali. Saya juga jadi rajin di buatkan jus oleh ibu saya dan disuruh minum madu.

Dalam masa penyembuhan tentunya tubuh kita butuh asupan lebih untuk mengembalikan tubuh ke kondisi semula. Saya sadar sih semakin berumur maka semakin tubuh saya butuh proses agak lama untuk memulihkan diri. Waktu kuliah, saya masih kuat mengerjakan tugas-tugas sampai malam bahkan ada waktu dimana saya mengerjakan tugas perancangan sampai pagi meskipun besoknya kepala saya langsung pusing dan badan sempoyongan. Pada waktu kuliah memang badan ini masih bisa diajak kompromi meskipun bagi saya kebiasan tersebut sangat merusak badan dan saya tidak ingin mengulangi lagi kebiasan-kebiasan kurang tidur tersebut. Berbeda ketika saya sudah kerja, badan saya sudah ngak kuat sama sekali jika harus lembur lama, lebih gampang drop dan jatuh sakit. Upaya untuk memulihkan badan setelah sakit pun lebih lama.

sam_3700
Tablet Theragran-M berwarna merah dan tanggal kadarluarsa di cetak di setiap bungkus tablet
sam_3706
Komposisinya terdiri dari berbagai vitamin dan mineral.

Saya biasanya diberi vitamin oleh Ibu saya atau dokter ketika saya sedang sakit. Karena stock vitaminnya cukup banyak, saya masih disuruh minum setelah sakitnya mereda, mungkin untuk membantu memulihkan tubuh lebih cepat. Beberapa hari lalu saya mencoba vitamin baru yang saya beli di salah satu toko obat di mall yaitu Theragran-M. Ketika saya membaca bagian komposisi vitamin ini, kandungan dalam tablet Theragran-M bukan hanya vitamin saja namun ternyata juga ada kandungan mineral. Vitamin ini merupakan vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Berdasarkan komposisinya,Β Theragran-M memang cukup lengkap mulai dari berbagai vitamin dan juga mineral, komposisinya bisa dilihat lengkap di bagian belakang kemasan. Pada bagian depan kemasannya ada lambang halal dari MUI. Tanggal kadarluarsa ditulis dibagian kemasan obat dan ditulis perbungkus tablet. Hal ini termasuk memudahkan menurut saya. Jika kita memecah bungkus per tablet, kadang tanggal kadarluarsa bisa ikut tersobek atau hilang, namun dengan ditulisnya tanggal kadarluarsa per bungkus tablet maka tidak perlu kwatir untuk memecah-mecah tablet karena setiap bungkus tablet tetap tertulis tanggal kadarluarsanya.

Saya sebenarnya bukan tipe orang yang suka minum vitamin, ntah kenapa saya tidak terlalu suka dengan obat ataupun vitamin karena rasanya pahit atau hambar di mulut. Karena dari dulu juga sering sakit, saya bosan kalau harus disuruh minum obat dan vitamin terus. Pertama kali tablet merah Theragran-M ini masuk ke mulut saya rasanya manis, ternyata tablet vitamin ini di balut lapisan manis di luarnya sehingga saya tidak langsung buru-buru menelannya. Setelah saya rasa agak lama di mulut, kemudian langsung saya telan dengan air putih. Beberapa jam kemudian saya merasa agak mual. Ketika buang air kecil, warna air seni saya berubah menjadi agak kuning. Saya sempat takut dan kemudian saya langsung memberitahukan hal itu kepada ibu saya yang kebetulan berprofesi sebagai dokter. Kata ibu saya hal itu wajar, beberapa vitamin memang mengakibatkan air seni menjadi berwarna. Ibu saya bilang tablet Theragran-M ini juga diminum oleh nenek saya ketika beliau sudah keluar dari ICU. Nenek saya juga sempat mengeluhkan rasa mual yang dirasakan setelah meminum beberapa obat dan vitamin. Ibu saya bilang hal itu wajar karena vitamin mempunyai banyak zat sekaligus dalam satu tablet karena tujuannya memang untuk mempercepat pemulihan tubuh. Saya disarankan untuk meminum vitamin ini sebelum tidur jika rasa mualnya mengganggu. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya saya merasa mual setelah minum vitamin, saya juga pernah merasa sangat mual ketika saya minum vitamin penambah darah. Saat itu saya sedang mengalami anemia. Hal itu ternyata wajar karena zat besi dalam jumlah tinggi mengakibatkan efek samping mual.

Saya cukup senang dengan Theragran-M karena ada rasa manis ketika tablet menyentuh lidah, biasanya sehabis sakit lidah kita masih kecut atau hambar jadi adanya rasa manis pada vitamin jadi nilai plus buat saya. Rasa manis tersebut juga lumayan menghibur saya yang tidak terlalu suka minum vitamin. Teman saya juga sempat bilang kalau vitamin Theragran-MΒ ini di rekomendasikan oleh dokter sebagai asupan vitamin untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit. Saya menyarankan meminum vitamin ini sebelum tidur sehingga efek mualnya tidak menganggu. Vitamin ini bisa di beli Watson/Guardian/Toko obat dengan harga Rp 19.751,00 sebungkus dengan isi 4 tablet. Selain meminum vitamin, saya juga minum jus buah setiap hari dan makan makanan yang bergizi. Satu hal lagi yang penting setelah sembuh dari sakit yaitu cukup tidur ketika malam hari. Sekian cerita saya memulihkan tubuh setelah mengalami sakit, bagaimana dengan kalian? Apakah punya tips khusus ketika dalam masa penyembuhan sakit? πŸ™‚

NOTE :

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho . Segala sesuatu yang ditulis merupakan pengalaman jujur pribadi penulis tanpa ada pesan keharusan dari pihak sponsor.

38 thoughts on “Memulihkan Diri Pasca Sakit”

    1. iya mbak sama banget..pantesan makin berumur banyak yg suruh jaga pola hidup T.T..lumayan ini vitaminnya ada manis-manisnya gitu hehehe..Thank you mbak minda πŸ˜€

    1. iya bangett deee..aku tuh mood2an banget mau hidup sehat..kadang semangat kadang ngak..suka banyak pikiran juga hehhehe..memang hrs di niatin memang hidup sehat. thanks for visit ya dee πŸ™‚

    1. halloo mbak indri, iya banget mbak kalo sampe sakit ga bisa kemana-mana dan cuma disuruh istirahat dirumah hehehe πŸ™‚

    1. iya mbak aku sempet mikir apa mual karena ga cocok sama vitaminnya atau alergi obat ya =_=” ternyata kata mama emang wajar karena kandungannya komplit banget dalam satu table sekali minum makanya aku minum malam aja. Iya mbak, habis minum malamnya, biasanya pagi badan udah enakan πŸ™‚

    1. Thank youu udah berkunjung elvinaa :)..iya rasa manisnya menghibur kalo lidah kita hambar setelah sakit, soalnya obat2an yg diminum kadang pahit2 rasanya -_-” hehehe

  1. Seriously ada manis”nya kak? aku soalnya juga termasuk orang yang agak gak suka minum vitamin, karna ya gitu, btw aku baru tau soal theragran-M ini kak, kemasannya oke juga yah bikin gatakut lupa tanggal kadaluarsanya karna ada disetiap bungkus tablet.

    1. iya tiaaa..ada rasa manis di luarannya :)..kemasannya memudahkan kalo kita sobek dan bagi ke orang jadi tgl kadarluarsanya tetap ada :)..terima kasih sudah berkunjung tiaa

    1. Ses listya seinget saya paling besar tenaganya diantara kita2 yg kuliah dulu dih ses..tp kalo begadang nonton film drama tetep ya ses listyaa wkwkkwkw. Thanks for visit my blog listyaa :D..loph u full

    1. iya mbak wulan..aku isep2 dulu tabletnya karena manis baru diminum hehehe..cepet enakan badan habis minum ini πŸ™‚

    1. duhhh jd ga enak gw centt #aseeekkk..thankk youu ncent udah visit blogku..iya deh bakal gw niatin hidup sehat dan rajin menabung heheehhe

    1. halo mbak irawati..aku juga kalo udah mulai ga enak badan langsung cus minum hehehe..thanks for visit my blog mbak πŸ™‚

  2. Kalau bandingin pas zaman kuliah sama kerja emang beda ya. Sekarang lembur 3 hari langsung tepar. Dulu gak tidur 3 hari ya tepar juga wkwkwk Kalau aku sih biasanya masa penyembuhan gak pakai minum apa-apa tapi sepertinya bisa dicoba nih minum Theragran-M. Makasih infonya ya Mona!

    1. erinnn ahahah yang bagian tepar aku sampai ketawa rin..intinya sama2 tepar ya rin wkwkkwkw. Dulu aku jg paling tidur aja kalo masa penyembuhan cuma kalo kerja dan terpaksa masuk kerja habis sakit, aku disuruh minum vitamin ama nyokap biar ga lemes2 bgt katanyaa. Bisa banget di coba ini rin vitaminnya, cuma krn ada mual dikit sehabis minum mungkin minumnya malam aja rin hehehehe..sama2 erinn..thanks for visit my blogg πŸ˜€

    1. iya mbak levinaa..kalo lagi padat gitu aku suka skip minum vitamin tapi setelah srng sakit jd mikir lagi kayaknya memang butuh hehehe. Thanks for visit mbakk πŸ˜€

    1. iya banget mbak dina..aku juga sering bgt batuk..trus jadi ganti obat karena obat yang lama kayak udah ga mempan -_-”..sampe tidur pun kebangun karena batuk..bener mbak sehat itu mahal ternyata ya πŸ˜€

    1. bang sam mungkin bukan butuh multivitamin yg manis tapi kayaknya lebih butuh yang manis-manis dehh ahahahha…minum ini bang kalo habis sakit, bang sam kan sering banget flu ampe meler2..

  3. Aku ga tau ada rasa manisnya mba soalnya pas nyampe uda dalam kondisi bubuk multivitaminnya warna merahnya juga ga tau hahaha..tp khasiatnya beneran suami dan aku minum kerasa segar πŸ™‚

    1. seriusan nyampe udah jadi bubuk mbak multivitaminnya? hehehhe..tapi memang lebih cepet diserap tubuh kalo udah bentuk bubuk mbak πŸ˜€

  4. Hai mba Mona… dulu aku juga jagonya bergadang dan gampang banget stress, dan emang 2 itu pemicu munculnya penyakit apalagi kalo ditambah makan sembarangan sama ga olahraga πŸ™

    Semoga selalu diberi kesehatan ya Mba πŸ™‚

    1. Haloo mba Andi..iya bener pola hidup sering begadang dan gampang stress pemicu sakit bangett..iya mbak amin..semoga mbak juga selalu sehat :)..

    1. hehehehe..aku juga lupa mbak..hehehe, ponakanku juga gitu kalo mamanya (kakakku) atau aku lagi main komputer malah di gangguin hehehe. Thanks for visit mbak..sehat terus juga untuk mbak uci dan keluarga πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *