Memperindah Blog dengan Foto yang Cantik

Salah satu hasil foto saya ketika workshop
Salah satu hasil foto saya ketika workshop

Sejak saya mengubah blog saya untuk lebih ke arah profesional, salah satu keinginan saya paling besar itu mengikuti kelas photography. Berhubung kelas photography yang pro memang mahal, saya jadi lebih banyak belajar dari blog orang lain tentang photography. Foto yang bagus merupakan pendukung bagi tulisan blog dan menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah blog.

Jumat lalu tepatnya tanggal 16 september 2016, saya berkesempatan hadir dalam workshop Beauty and Photography yang diadakan oleh brand Covermark dan Indonesia Female Blogger. Pembicara dari acara ini ialah Bapak Denny Herliyanso selaku yang merupakan Senior Photographer di Femina Group. Acara tersebut bertempat di gedung Jakarta Design Center, Slipi.

Acara di mulai dengan perkenalan dari pihak Indonesia Female Blogger dimana komunitas ini bertujuan untuk membantu para blogger untuk menjadi lebih profesional dalam mengelola blognya. Setelah itu brand Covermark juga memperkenalkan brandnya dan juga produk yang menjadi andalan dari brand tersebut.

Pengurus Komunitas Indonesia Female Blogger
Pengurus Komunitas Indonesia Female Blogger
Kata sambutan dari pihak brand Covermark
Kata sambutan dari pihak brand Covermark
Penjelasan sejarah brand Covermark dan produk dari Covermark
Penjelasan sejarah brand Covermark dan produk dari Covermark

Sekilas tentang brand Covermark

Β Brand Covermark merupakan brand asal Jepang yang mengusung tema ONE MINUTE FLAWLESS SKIN dan dikenal dengan sebutan THE FOUNDATION EXPERT. Brand ini berdiri pada tahun 1947 ( 80 tahun) namun baru resmi masuk ke Indonesia pada bulan April 2015. Terinspirasi dari pendiri brand ini yaitu Lady O’LearyΒ yang ingin menutupi bintik hitam di wajahnya dan dari hal tersebut mulailah berbagai ekperimen untuk memproduksi foundation yang bisa menutupi kekurangan pada wajah. Seperti tema yang diusung, produk andalan dari brand ini memang foundationnya yaitu Moisture Veil LX yang diyakini tahan terhadap sebum (minyak) dan air. Foundation dari brand ini dilengkapi teknologi unik dimana bahan dari foundation memamfaatkan sebum atau kelebihan minyak pada wajah untuk dijadikan lapisan kelembapan (Moist Change Powder dan Sandwich Complex Powder ) yang bertujuan agar make up lebih tahan lama di kulit wajah. Selain memproduksi foundation, brand ini juga memproduksi primer wajah, eyeshadow, lipstick, blush on dan juga skincare (cleansing oil, mineral wash, serta serum).

Sesi penjelasan photography product oleh Denny Herliyanso, Senior Photographer di Femina Group
Sesi penjelasan photography product oleh Denny Herliyanso, Senior Photographer di Femina Group

Photography Workshop dengan Deny Herliyanso

Setelah penjelasan dari pihak Covermark, sesi workshop photography pun dimulai. Berbicara tentang Photography tentu kamera menjadi alat yang sangat penting untuk menghasilkan hasil foto yang bagus. Namun kamera bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan tujuannya, intinya tetap disesuaikan dengan budget dan kamera yang di rasa user friendly. Kamera Smartphone sebenarnya cukup sebagai alat untuk mengambil foto bagi seorang pemula, lagipula Smartphone sekarang sudah mulai canggih dan tajam hasilnya untuk mengambil foto dan video.

Khusus bagi photography product memang lebih ditekankan ke arah foto yang lebih detail dimana bertujuan untuk menonjolkan bagian yang unik dari produk tersebut. Menurut Pak Denny, kebanyakan kesalahan dari foto yaitu kita ingin mengambil objek foto yang terlalu banyak sehingga hal yang ingin dijadikan fokus pada foto menjadi ambigu. Jadi sebelum mengambil foto sebaiknya menetapkan objek yang jadi fokus pada foto tersebut sehingga isi keseluruhan foto tidak banyak. Selain kamera sebenarnya ada beberapa hal lagi yang perlu disiapkan ketika mengambil foto produk, berikut list penting yang perlu di siapkan.

BACKGROUND

Melakukan pengambilan foto khususnya untuk produk, diperlukan background yang lebih simpel sehingga tidak menganggu objek yang di jadikan foto. Background juga berfungsi untuk mengubah cahaya langsung yang menyorot objek menjadi diffuser atau ditahan sehingga tidak terkesan sangat terang intensitasnya pada objek. Background foto sebenarnya bisa bermacam-macam contohnya kertas roti, kertas putih, kertas kado dan kain.

ARAH CAHAYA

Arah cahaya pada pengambilan foto sangat berperan besar untuk memperlihatkan objek yang yang akan kita foto bahkan some people say lighting is everything. Cahaya paling bagus sebenarnya arah cahaya dari samping karena pentulan cahaya tersebut memperlihatkan efek gradasi yang menunjukkan dimensi dari objek. Cahaya dari depan lebih terkesan flat. Namun arah cahaya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pengambil foto terhadap tema fotonya sendiri.

Arah sumber cahaya dan efeknya terhadap objek
Arah sumber cahaya dan efeknya terhadap objek

REFLEKTOR

Salah satu sifat cahaya yaitu dapat di pantulkan (refleksi) oleh benda di sekitarnya. Reflektor digunakan untuk memantulkan cahaya dari sumber cahaya langsung ke objek cahaya tersebut. Ada beberapa bahan yang digunakan sebagai reflektor yang menghasilkan efek cahaya berbeda pada suatu objek.

Berbagai reflektor cahaya dan efek cahaya yang dihasilkan
Berbagai reflektor cahaya dan efek cahaya yang dihasilkan
  1. Reflektor berwarna putih : memberikan efek foto objek lebih terang
  2. Reflektor berwarna perak : memberikan efek foto objek seperti aslinya
  3. Reflektor berwarna hitam : memberikan efek foto objek lebih gelap
Peran reflektor dalam memberikan kesan dingin dan hangat pada foto
Peran reflektor dalam memberikan kesan dingin dan hangat pada foto

Reflektor juga berperan dalam menampilkan mood pada foto yang akan kita ambil. Reflektor biru akan memantulkan warna biru untuk kesan dingin (cool tone) dan Reflektor emas akan memantulkan warna emas kekuningan untuk kesan hangat (warm tone). Reflektor putih untuk memberikan kesan lebih terang.

Karakteristik bahan pada objek dalam memantulkan cahaya menjadi pertimbangan untuk arah cahaya
Karakteristik bahan pada objek dalam memantulkan cahaya menjadi pertimbangan untuk arah cahaya

BAHAN

Objek yang akan kita ambil fotonya memiliki karakteristik bahan yang berbeda-beda dan memiliki sifat memantulkan cahaya yang berbeda juga. Contohnya bahan dove lebih bersifat menyerap cahaya dibandingkan memantulkannya. Untuk bahan objek yang mengkilap, pemberian cahaya memang agak tricky karena bahan tersebut memantulkan refleksi dari suasana sekitar, maka sebaiknya pengambilan foto untuk bahan mengkilap perlu diperhatikan, melakukan pengambilan foto objek di dalam photography tent (lihat pada gambar) dengan sumber cahaya dari bawah lebih disarankan. Pada objek yang bertekstur, hal paling utama tentunya memperlihatkan dimensi tekstur pada objek, dengan demikian penempatan objek dengan posisi serong lebih disarankan.

Photography Tent. Image Source : http://www.canadianstudio.ca/product-p/ssl-805.htm
Photography Tent. Image Source : http://www.canadianstudio.ca/product-p/ssl-805.htm

WARNA

Warna memang memiliki pengaruh pada psikologi manusia. Menurut pengamatan yang dilakukan terhadap warna dan manusia, warna muda dan cerah lebih indentik diminati oleh range usia muda sedangkan warna tua ke arah gelap lebih diminati oleh range usia dewasa. Warna juga memiliki arti tersendiri misalnya warna biru lebih menampilkan kesan tenang, merah menampilkan kesan berani dan sebagainya.

Komposisi pada foto juga menentukan nilai dan pengunjung yang ingin di tarik perhatiannya
Komposisi pada foto juga menentukan nilai dan pengunjung yang ingin di tarik perhatiannya

KOMPOSISI

Komposisi berbicara tentang penyusunan warna, besaran, tektur pada objek-objek yang kita foto. Komposisi juga erat kaitannya dengan nilai. Komposisi pada foto dapat terkait pada peminat seperti apa yang jadi sasaran pada foto tersebut. Seperti pada gambar di atas, foto paling kanan mungkin akan lebih menarik bagi kaum yang lebih tua sedangkan foto paling kiri dan tengah lebih menarik bagi kaum muda.

Mencari sudut pandang yang menarik tanpa mengubah komposisi yang sudah ada
Mencari sudut pandang yang menarik tanpa mengubah komposisi yang sudah ada

SUDUT PENGAMBILAN FOTO

Sudut pengambilan berbicara tentang dari sudut pandang mana foto tersebut akan diambil supaya lebih menarik. Dalam hal ini sudut yang tidak biasa dapat menghasilkan foto yang lebih menarik. Sudut pengambilan juga berbicara bagian mana yang ingin di sorot lebih dari objek dan sudut pengambilan darimana yang menonjolkan kelebihan objek tersebut. Ketika akan mengambil foto dari berbagai macam objek, kita bisa lebih fokus pada sudut pengambilan dibandingkan harus menata komposisi objek-objek tersebut berkali-kali. Jadi biarkan saja objek-objek tersebut dan mulailah untuk mengambil foto dari sudut pandang yang kita anggap menarik.

KONSEP

Konsep berbicara tentang apa yang sebenarnya ingin kita sampaikan dan presepsi apa yang akhirnya timbul dari orang yang melihat foto tersebut sehingga visualisasi yang kita buat dapat mendukung pesan dan presepsi yang ingin kita sampaikan. Foto yang kita hasilkan pada akhirnya memikat peminat yang sama seleranya dengan kita.

Setelah penjelasan panjang lebar dari pak Denny Herliyanso, saya dan para peserta lain melakukan sesi pemotretan dengan objek serta background yang sudah di sediakan. Berikut saya share beberapa hasil foto yang saya lakukan selama sesi workshop.

Foto dengan benda yg mempunyai tekstur dimana posisi objek dibuat sedikit miring agar terlihat lebih berdimensi
Foto dengan benda yg mempunyai tekstur dimana posisi objek dibuat sedikit miring agar terlihat lebih berdimensi
Hasil foto yang saya ambil selama workshop
Hasil foto yang saya ambil selama workshop

Sebelum acara selesai, kami pun menikmati santapan yang sudah di sediakan oleh pihak panitia. Kebetulan acaranya dari sore ke malam jadi kami sekalian menikmati hidangan makan malam. Setelah makan malam, kami foto bersama dan diberikan goodie bag oleh brand Covermark yang reviewnya akan saya tulis menyusul.

Makan malam sebelum pulang dari event
Makan malam sebelum pulang dari event

Saya pulang dengan kondisi jalanan Jakarta yang sudah macet karena hari itu Jumat malam. Meskipun capek sampai dirumah namun saya puas dengan acara dan ilmu yang di dapat. Terima kasih Indonesian Female Blogger dan Covermak untuk acaranya!

NOTE

This is a sponsored post. All things that is written in this blog post are my own opinions and my honest experience. Do not copy my blog or my photos, if you want to use my blog or my photos please ask my permission by email and credit the copy page or image back to my blog

10 thoughts on “Memperindah Blog dengan Foto yang Cantik”

  1. keceee ulasannyaa, banyak yang belom aku ngerti mengenai teknik fotografi ini, apalagi yang penggunaan reflektor πŸ˜€
    sukaa postinganya mbaak! hihi
    buru buru aku cobain ini πŸ˜€
    bookmark supaya ngga ada yang lupa sama poin-poinnya hiihi

    1. Sama mbak..pas ikut workshop dan dijelasin sama Pak Denny baru tepukau pukau gitu hehehe..aku juga masih belajar banget ngambil foto produk untuk di review biasanya fotonya ala kadar jeprat jepret hehehhe..lumayan nambah ilmu untuk mempercantik blog. Thank you sudah mampir blogku mbak Yusi πŸ™‚

    1. Halloo..seneng kalo bisa bermamfaat postingannya..saya juga masih mau latihan2 lagi hehehe..thanks for visit πŸ™‚

    1. halo mbakk dinaa..terima kasih sudah mampir ke blogku :)..semoga bermamfaat ulasan ini. hayuuk kita semangat mempercantik foto blog hehehhe

  2. Mba Monaaa, aku ingin banget ksini tapi weekday kan yaa, aku klo event baru bisa weekend, krna itu si bayi hihii
    Makasih yaa ulasannya..smangat motret nyaa yuk kita ^^

    1. Mbakk ucii..iya ini weekday acaranya pas jumat malam. Lebih enak event di weekend dan siang, jadi ga keburu buru waktu. Kmaren habis pulang dari acara ini macett bgtt mbak jalanan jakarta dimana mana T.T ..mana aku pulang ke arah Bekasi..ikut arus macet yang mau ke Bandung. Mari semangat motret untuk blog mbak πŸ˜€ heheheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *