Mamfaat yang di dapat selama menjadi Blogger

resize k

Saya baru tahu lhoo kalo hari ini hari Blogger Nasional ahahha. Saya baru tahu karena kemarin akun instagram Blogger Perempuan ngepost tentang ini. Kalau diinget lagi, saya mulai blog ketika saya masih berada di semester 4 pas saya masih kuliah. Saat itu blog saya isinya masih curhat dan banyak titik koma ga jelas *untung bukan huruf gede kecil ya mon. Saya baru lanjut blog lagi ketika saya off dari dunia kerja, karena saya masih nganggur banget dan masih ga tau gimana mengisi waktu luang akhirnya saya ngeblog lagi. Berawal dari ikut make up class suatu brand, saya makin penasaran sama dunia kecantikan dan alhasil nyemplung deh ke dunia beauty and lifestyle blogger hehehe. Hasil baiknya saya selalu make up sendiri kalau pergi ke acara, bahkan ke acara kondangan saya lebih milih make up sendiri hehehe. Sekarang juga saya mulai make up-in orang untuk belajar berbagai tipe wajah.

Karena hari ini adalah hari Blogger Nasional, saya memutuskan untuk membuat artikel khusus tentang apa yang saya pelajari selama menjadi Blogger. Mungkin banyak yang penasaran juga gimana rasanya jadi Blogger dan juga pertanyaan paling sering itu darimana sih Blogger bisa mendapat penghasilan. Sebenarnya menjadi Blogger bukan sesuatu yang wah, yang susah adalah menjadi Blogger yang dikenal dan punya personal branding yang baik sehingga banyak brand yang tertarik untuk bekerja sama. Saya lebih senang menyebut Blogger dengan Influencer daripada Artis atau Selebgram karena menurut saya dua hal tersebut berbeda *menurut saya lhoo ya. Trus apa sih mamfaat yang saya dapat dari menjadi Blogger?

BUILD YOURSELF

Saya sempet lhoo pusing sama apa yang saya mau, mulai dari karir dan pilihan hidup *asmara iya ngak ya heheheh. Kenapa saya bingung? Karena banyak pilihan setelah saya lulus kuliah, dari mulai pilihan tempat pekerjaan dan karir. Saya bisa bilang itu baik tapi terlalu banyak pilihan pun bikin pusing, ibarat milih banyak pria ganteng dan baik hati, tuh pusing kann ahahah. Belum lagi relalita hidup kadang ga sesuai dengan apa yang kita harapkan *jleb.

Sebagai perempuan, saya juga merasakan bagaimana lingkungan sekitar memberi saya tekanan mulai dari pilihan kerjaan, pilihan hidup, dan umur untuk menikah. Hal-hal seperti itu mau ga mau kadang bikin mimpi terdalam kita jadi yaah disimpan aja dulu deh di gudang. Saya akhirnya melanjutkan blog sebagai tempat curhat dan juga untuk mengali apa yang saya suka serta mengali kreativitas saya. Saya selalu mikir blog itu tempat saya untuk lebih mengerti diri dan juga untuk membangun diri saya ke arah yang saya mau. Saya bisa nulis apa aja di blog saya tentunya tanpa merugikan orang lain, toh blog itu personal, siapa juga yang larang saya nulis apa yang saya senangi dan suka.

REMIND YOU TO BE YOURSELF

Saya berkali-kali pengen banget jadi blogger terkenal kayak si A, B dan lain-lain. Cuma saya sadar saya ga akan bisa jadi mereka dan akan pernah sama seperti mereka karena saya ya saya. Keinginan untuk menjadi sama dengan orang lain menghilangkan kesempatan saya untuk mengenali potensi yang saya miliki. Saya inget pernah baca tulisan seseorang yang bilang bahwa apa yang kamu tulis mungkin di butuhkan oleh orang lain. Kita ga akan pernah tahu bahwa bahkan pengalaman pahit dalam hidup kita pun bisa memberkati orang lain yang mungkin juga mengalami hal yang sama. Selalu jadi diri kamu sendiri apalagi ketika kamu menulis blog.

LET YOUR VOICE BE HEARD

Bagi saya yang bukan orang dominan, yang bisa dengan gamblang menyuarakan pemikiran dan isi hati mereka, menulis merupakan terapi tersendiri. Tumbuh di lingkungan yang dominan juga membuat saya ingin pemikiran saya lebih di dengar. Pemikiran itu bisa bermacam-macam, mungkin bisa jadi pemikiran saya sebagai wanita di era modern ini, bisa juga pemikiran saya sebagai pekerja, dan mungkin pemikiran saya ketika saya nanti sudah menjadi istri dan seorang ibu. Saya yakin semua orang pasti ingin pemikirannya di dengar, apalagi jika pemikiran itu bisa mengubah presepsi masyarakat tentang sesuatu hal menjadi lebih baik. Tapi inget lhoo sekalipun kamu bebas sharing dan curhat, jangan sampai kamu terlalu mengumbar hal ga penting dan terlalu privasi dalam hidupmu di blog. Blog tetaplah dunia maya bukan dunia nyata.

BUILDING CONNECTION AND LINK

Saya sempat pada moment krik-krik juga ketika menulis blog, traffic lumayan tapi lebih banyak yang silent reader, sekarang-sekarang aja sudah mulai banyak yang komen. Jadi bagi kamu iya kamu itu yang lagi baca blog sayaa ini lhoo sekali-kali bolehlah komen biar saya bisa kenal *bukan modus lhoo, mana tau saya bisa blog walking (bagi yang punya blog juga), bisa kerja sama dalam suatu project di masa yang akan datang *cieilahh, atau mana tau kamu jodoh saya yang tertukar *tobattmonntobatt.

Setelah saya gabung dengan komunitas blogger, memang blog saya jadi lebih ramai dan saya juga punya banyak teman baru. Saya juga dapat banyak ilmu dari event yang diadakan oleh komunitas blogger mulai dari ilmu photography, ilmu tentang SEO yang sampai sekarang masih rada bingung, ilmu untuk membuat content yang baik, dan juga berkesempatan bertemu dengan brand-brand ternama. Secara tidak langsung mulai dari blogging dan ikut komunitas itulah, saya juga membangun link dan koneksi.

EARN MONEY FROM BLOGGING

Mendapat penghasilan dari blog sebenarnya bukan tujuan utama saya ketika saya memulai blogging soalnya awal saya buat blog itu cuma untuk curhat tetapi karena makin sering ikut lomba blog dan ikut komunitas ya jadi kepikir juga untuk bisa nambah-nambah dari blogging. Kalau dapet job nulis artikel ya Puji Tuhan kalo ngak ya bukan rejeki saya. Saya cuma yakin rejeki sudah Tuhan yang mengaturnya, yang penting kita tetap berusaha memberi konten yang baik dan memaksimalkan blog kita.

Saya juga ga nge-judge blog yang banyak sponsored post-nya karena ga selalu sponsored itu dibayar dengan uang, saya justru lebih banyak mendapat timbal balik kerja sama dengan voucher belanja atau produk kecantikan dari brand tersebut. Sponsored post yang dibayar dengan cash uang juga pernah saya terima namun jumlahnya tidak banyak. Lagi pula membuat konten untuk artikel sponsored post itu ga mudah lhoo. Saya puter otak untuk menemukan ide yang bagus dan harus merevisi artikel, itu ketika saya pertama kali membuat sponsored post untuk sebuah brand. Kalau bicara soal monetize blog kan berkaitan dengan penghidupan juga, jadi asal halal ya kenapa tidak, apalagi untuk mom blogger yang tidak bekerja kantoran, kan lumayan dapat penghasilan dari usahanya sendiri.

Mengikuti lomba blog juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog, bahkan sekarang hadiah dari kompetisi blog itu lumayan banget untuk jadi tabungan hehehe. Kamu juga bisa dapat job sebagai freelance melalui blog, contohnya jika kamu illustrator atau graphic design, bisa banget orang kontak kamu karena tertarik lihat hasil karyamu melalui blog. Blog juga bisa jadi portfolio kamu untuk melamar sebagai freelance writter, jadi kamu bisa kasih link blogmu di email lamaran sebagai pendukung lamaranmu, lumayan kan ga harus dadakan bikin artikel ketika melamar menjadi penulis.

Begitu banyak sebenarnya mamfaat blogging, khususnya membuat diri kamu lebih dikenal dan memperbesar kesempatanmu untuk bekerjama dengan pihak lain maupun brand ternama. Sebenarnya masih banyak lagi mamfaat blogging selain menjadi pelampiasan stress bagi saya atau sebagai tempat mencurahkan kreativitas. Blogging juga pelan-pelan telah mengubah saya menjadi lebih pede. Saya tuh sebenarnya ga pede lhoo sama tulisan saya, sama hasil karya saya, bahkan sama wajah saya yang masih punya sisa-sisa pertempuran jerawat di masa lalu *azeeekk.

Dulu waktu kerja kantoran, saya bangun link pun malas karena ya saya tinggal kerjain apa yang bos saya suruh sedangkan ketika menulis blog dan menjalankan usaha sampingan, saya jadi muter otak gimana caranya dapat tambahan uang. Saya belajar gimana sih supaya foto produknya bagus, gimana sih cara menulis yang bikin orang enjoy, bagaimana sih cara supaya hasil make up yang saya buat bisa disajikan melalui foto, belajar SEO meski sampai sekarang kurang ngerti juga sih ahahaha, intinya ya saya juga berkembang setelah menulis blog. Meski saya akui membangun blog sampai dapat job article itu prosesnya lamaaa bagi saya. Jadi kalau yang memang udah mikir untuk bikin blog, ayo bikinn sekarangg hehehe.

Tidak saya pungkiri menjadi blogger khususnya lifestyle atau beauty blogger bisa membuat kita terjebak dalam lifestyle yang boros, hehehe. Jangan sampai ikut event terus-terusan sampai lupa monetize blog atau lupa menyediakan konten yang baik di blog. Jangan sampai juga kita terlalu berorientasi pada barang dan lifestyle. Apalagi kalau saya menghadiri event di mall duh banyak godaan untuk belanja, saya harus ingetin diri saya kalo ini juga pekerjaan, jadi selesai event ya sebisa mungkin cepat pulang. Intinya tetap bijak dalam pemasukan dan pengeluaran meski saya juga masih susah dalam menyelaraskan keduanya. Mengatur keuangan sebenarnya memang pelajaran seumur hidup, karena kondisi keuangan kita berubah seiring kondisi pekerjaan kita, apalagi nanti kalau sudah punya keluarga sendiri yah beda lagi pembagian keuangannya.

Akhir kata, saya sangat berharap Blogger lebih bisa dipandang dan di hargai di kalangan masyarakat maupun di kalangan brand serta diberikan apresiasi yang sesuai. Semoga para Blogger juga semakin maju dan semangat dalam membuat konten yang baik bagi masyarakat bukan hanya sekedar menampilkan lifestyle yang wah. Segitu dulu sharing saya tentang pengalaman saya sebagai Blogger yang masih jauhlahh dari pengalaman Blogger lain yang sudah terkenal hehehe. Semoga sharing saya bisa bermamfaat. SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL !

10 thoughts on “Mamfaat yang di dapat selama menjadi Blogger”

    1. Mbakk dinaaa..ayuukk rajin ikutan lombaaa nulis artikel di blog, manatau brand atau agency ada yang melirik. Aku juga masih kadang dapat job article kadang ngak kok hehehe..cuma sempat melamar jadi freelance writter lumayan blog bisa di jadiin portfolio pas melamar 🙂

  1. Hihihihi kalau aku kebanyakan ikut event di protes suami & anak XD
    Ngeblog emang enaknya dibikin santai aja, ngga terlalu ngoyo, awalnya sih buat sharing tulisan, tapi kalau yg lain terbantu dengan sharing kita & dapet nilai/reward lebih dr situ ya kenapa ngga ya kaaak 😀

    1. aku jugaa mbak sandraa..sempet kebanyakan event trus di protes keluarga karena pas weekend aku malah ber-event riaa hehehe alhasil aku pilih-pilih event di weekend supaya masih bisa jalan2 sama keluarga. Iya ya ngeblog lebih nyaman dibikin agak santai kalau terlalu dipaksa juga ntar kelihatan lagi kita tertekan dari tulisan kita hehehe..bener2 kalo dapat reward atau nilai dari blog ibarat rejeki, kalo dapet ya kita syukuri sebagai rejeki untuk kita 🙂

  2. Selamat hari Blogger ya, semoga tambah semangat ngeblognya.
    Aku dulu juga awalnya nulis banyakan curhat, eh sekarang juga masih sih hahaha. Semoga aja meski curhat, tetap bermanfaat deh bagi pembaca 🙂

    1. Haloo mbak liaa..thanks udah mampir blogku :)..sama aku juga masih curhat di blog hehehe sekalian lepasin uneg2 dan stress..iya banget semoga curhatan pun jadi mamfaat untuk pembaca, ibaratnya jadi pelajaran hidup juga bagi yang baca curhatan kita hehehhe

    1. haloo mbak arintaa..ohh mbak yang akanoma solo toh hehehe..nanti kalo ke solo dan ada waktu saya sempatkan mampir :)..kirain yang akanoma padalarang..hhehehhe..tp kayaknya yg akanoma padalarang agak jauh juga masuknya ya hehehe..iya banget krn blogging bisa punya banyak kenalan bahkan yang lokasinya jauh 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *