Hydrabio Serum Bioderma Event

SAM_5115

Akhir bulan Februari lalu saya menghadiri Launching Hydrabio Serum dari brand Bioderma Indonesia untuk para blogger. Ketika undangan acara ini masuk ke email, saya langsung excited. Saya jarang melirik produk Bioderma yang lain kecuali Bioderma Micellar Water karena reputasi produk Micellar ini memang populer di kalangan konsumen. Setelah brand ini unggul dengan Micellar Water-nya, brand-brand lain mulai banyak mengeluarkan produk yang mirip dengan Micellar Water. Tahun ini Bioderma justru mengeluarkan produk baru dalam ranah skin care yaitu Hydrabio Serum, sebuah serum yang bertujuan untuk mengatasi kulit dehidrasi.

Cuaca yang sering hujan membuat saya berangkat lebih awal ke tempat event hari itu. Saya datang lengkap dengan dress code bernuansa biru yang memang menggambarkan warna dominan dari produk terbaru Bioderma. Meja-meja di dalam ruangan telah dihiasi dengan dekorasi bunga putih dan biru lengkap dengan sajian dessert. Pojok ruangan juga di dekorasi cantik dengan produk-produk Bioderma. Saya juga sempat berkenalan dengan para pembicara yang akan tampil dan pihak Bioderma tentunya.

SAM_5032

SAM_5030

food

Sambil menunggu beberapa blogger yang belum datang, saya menyempatkan diri untuk mengambil foto ruangan dan foto produk Bioderma. Saya dan beberapa blogger yang sudah datang juga dipersilahkan untuk makan siang terlebih dahulu sambil menunggu acara dimulai. Saya menikmati sajian makan siang yang diberikan oleh Tanamera Coffee. Makan siang saat itu lengkap dengan kue-kue kecil yang disajikan sebagai penutup sekaligus cemilan selama acara berlangsung.

Tak berapa lama acara pun di mulai. MC mulai memperkenalkan beberapa pembicara yang akan mengisi acara yaitu Dr. Dewi Hasanah, SpKK (Essenskin Dermatovenereology), Detra Amanda (Trainer dari Bioderma), dan Iwwan Harun (Professional Make Up Artist)Acara pun di buka dengan penjelasan awal tentang brand Bioderma.

pembicara
Dr. Dewi Hasanah, SpKK (Essenskin Dermatovenereology), Detra Amanda (Trainer dari Bioderma), dan Iwwan Harun (Professional Make Up Artist)

MENGENAL BRAND BIODERMA

Bioderma merupakan brand asal Perancis yang sudah berpengalaman selama 35 tahun dalam mengerti kebutuhan kulit. Brand ini mempunyai konsep Dermo-Cosmetic yang artinya menggunakan kombinasi dari cosmetic dan dermatological action pada produk Bioderma. Dermo-Cosmetic  merupakan high-tech cosmetic yang sangat direkomendasikan oleh para ahli kulit. Dermo-Cosmetic ini juga bertujuan untuk mempertahankan kulit yang sehat dan indah.

When the skin suffers, in addition to treating it. We should teach the skin to live according to its natural biology.

-Jean Noel Thorel (Founder Bioderma)-

Pendiri Bioderma, Jean Noel Thorel menjadikan proses alami kulit sendiri sebagai filosofi dari brand Bioderma. Dengan menjadikan kulit sehat sebagai model utama, brand Bioderma selalu mengutamakan dermatologically tested untuk keamanan para kulit konsumen. Brand yang sudah memiliki nama di Perancis ini memiliki gabungan ahli dalam timnya yaitu berupa tim peneliti, dermatologi dan ahli biologi yang bekerja bersama-sama untuk mengembangkan produk Bioderma.

MENGENAL DEHIDRASI PADA KULIT

Ternyata kulit pun bisa dehidrasi lho0 guys! Selama ini saya cuma tahu dehidrasi berarti kurangnya cairan dalam tubuh manusia, namun ternyata organ tubuh seperti kulit pun mengalami dehidrasi. Dr. Dewi Hasanah, SpKK (Essenskin Dermatovenereology) menjelaskan pentingnya memenuhi kebutuhan air dalam tubuh agar tubuh dan kulit tidak mengalami dehidrasi. Air merupakan elemen paling vital dalam tubuh manusia, bahkan otak kita saja terbuat dari 80 % air. Kebayang kan kalau tubuh kita kekurangan air maka akibatnya akan sangat fatal.

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tetap fleksibel dan utuh serta berperan dengan sangat baik untuk melindungi tubuh kita dari bahaya lingkungan sekitar. Kulit yang terhidrasi dengan baik berguna mencegah menguapnya air dari dalam tubuh kita ke lingkungan. Berbeda dengan kulit yang terhidrasi dengan baik, kulit dehidrasi justru merupakan kondisi kulit yang mengalami kekurangan air sementara pada lapisan epidermis.

Kulit saya kombinasi, Apakah artinya kulit saya tidak dehirasi, karena kan kulit saya tidak dalam kondisi kering?

Awalnya saya selalu pikir dengan wajah yang kombinasi-oily ini saya ga butuh serum untuk melembapkan kulit. Ternyata dehidrasi kulit bisa menyerang kulit jenis apa pun, kulit kering, kulit oily dan kulit sensitif sekalipun. Bagaimana kita bisa tahu bahwa kulit wajah kita mengalami dehidrasi? Tanda-tanda kulit mengalami dehidrasi ialah kulit terasa seperti ke-tarik, terasa tidak nyaman, terlihat kusam dan kadang kulit telihat seperti bersisik

Kondisi kulit mengalami dehidrasi bukanlah tanpa sebab. Banyak faktor yang menyebabkan kulit kita mengalami dehidrasi. Faktor-faktor penyebab kulit dehiradi ialah udara dingin (Ruangan ber-AC), polusi udara, sinar matahari, pola hidup buruk (merokok, diet tak sehat, kurang tidur, malas minum air, salah memilih produk perawatan kulit) dan stress

Kulit mengalami proses dehidrasi ketika sel-sel kulitnya menjadi renggang. Berkurangnya pelembab alami kulit dan rusaknya aquaporins dalam kulit juga mengakibatkan kulit mengalami dehidrasi. Apa sih Aquaporins ituAquaporins merupakan saluran yang berguna untuk menyalurkan air ke sel-sel kulit. Jika aquaporins rusak maka penyaluran air menjadi terganggu sehingga asupan air pada kulit berkurang. Ibaratnya aquaporins itu seperti pipa air yang berfungsi menyalurkan air ke seluruh sel-sel kulit

Setelah panjang lebar membahas proses dehidrasi pada kulit dan penyebabnya, sebenarnya kulit dehidrasi dapat di cegah. Pencegahan dehidrasi pada kulit juga sangat berhubungan dengan aktivitas hidup yang kita lakukan. Dr. Dewi juga berbagi tips pencegahan agar kulit tubuh tidak mengalami dehidrasi. Berikut ini cara untuk mencegah kulit agar tidak mengalami dehidrasi :

  • Minum banyak air putih (minimal 8 gelas sehari)
  • Konsumsi sayur dan buah yang kaya akan air, vitamin dan anti-oxidant
  • Konsumsi protein dalam makanan sehari-hari karena protein adalah komponen dasar dari pelembab alami pada kulit.
  • Hindari sinar matahari langsung yang berlebihan
  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Mengatur stress (bisa dengan olahraga teratur)
  • Hindari mandi dengan air panas dengan durasi yang lama
  • Gunakan pembersih wajah yang lembur (jangan terlalu sering scrub wajah)
  • Gunakan serum/pelembab yang cocok dengan tipe kulit wajah

Pola hidup sehat yang dibarengi dengan skin care yang cocok memang berperan dalam menjaga kulit kita agar tidak dehidrasi. Jujur sih pola hidup sehat itu susah dilakukan apalagi bagi masyarakat kota seperti Jakarta. Bahkan stress tidak bisa kita hindari, karena pastinya kita sering mengalami stress ntah karena kerjaan ataupun karena jalanan ibu kota. Khusus untuk manajemen stress, Dr. Dewi menyarankan untuk selalu menyempatkan diri berolah raga agar mengurangi dampak stress yang dirasakan.

SAM_5042
Hydrabio H2O (Micellar Solution), Hydrabio Tonique (Moisturising Toning Lotion)
SAM_5035
Hydrabio Brume (Soothing Refreshing Water) dan Hydrabio Serum (Moisturising Concentrate)

MENGENAL HYDRABIO SERUM BIODERMA 

Fokus untuk menemukan solusi bagi kulit yang dehidrasi, Bioderma mengeluarkan Hydrabio Serum yang berfungsi untuk membantu merangsang kapasitas seluler kulit dan mengaktifkan proses hidrasi alami. Faktor lingkungan dan gaya hidup tidak sehat membuat kulit melupakan proses hidrasi secara alami. Serum ini membantu kulit melakukan proses hidrasi semestinya.

Hydrabio Serum memiliki dua kandungan utama yaitu vitamin PP dan Apple Seed Extract. Vitamin PP berfungsi untuk merangsang ketahanan serta kemampuan sel kulit dalam menyaring zat-zat yang akan masuk. Apple Seed Extract berguna untuk merangsang pembentukan Aquaporins agar penyebaran air dalam sel kulit berlangsung dengan baik. Kedua kandungan utama inilah yang berperan untuk membantu kulit dehidrasi untuk melakukan proses hidrasi alami dengan baik kembali.

Hydrabio Serum merupakan salah satu produk dari rangkaian Hydrabio Bioderma yang memang ditujukan sebagai perawatan terhadap kulit dehidrasi dan sensitif. Range produk Hydrabio terdiri dari Hydrabio H2O (Micellar Solution)Hydrabio Tonique (Moisturising Toning Lotion)Hydrabio Serum (Moisturising Concentrate) dan Hydrabio Brume (Soothing Refreshing Water). Setiap produk-produk seri Hydrabio dibuat dengan tujuan berbeda sesuai langkah-langkah perawatan kulit.

Pemakaian Hydrabio Serum bisa digunakan pada pagi hari dan malam hari khusus untuk daerah wajah. Produk ini sebaiknya digunakan setelah pembersihan wajah, tepatnya setelah pemakaian Toner. Serum ini juga bekerja sebagai booster untuk tahap pemakaian skin care selanjutnya. Bagi yang sedang dalam pemakaian skin care lain bisa menggunakan serum ini, karena serum ini bisa digabung pemakaiannya dengan pemakaian skin care lainnya.

PEMAKAIAN HYDRABIO SERUM SEBELUM MENGGUNAKAN MAKE UP

Para pengguna make up tentu tahu bahwa penggunaan skin care sebelum menggunakan make up itu penting. Sangat penting memastikan kulit dalam keadaan bersih dan ternutrisi sebelum menggunakan make up. Kak Iwwan Haroun sebagai Professional Make Up Artist telah membuktikan hal tersebut dengan menggunakan Hydrabio Serum kepada kliennya. Menurut Kak Iwwan, kulit yang lembab merupakan salah satu kunci agar make up menempel dengan baik pada wajah. Hal ini juga cukup meringankan tugas Make Up Artist dalam merias wajah klien.

Setelah mendengarkan penjelasan panjang lebar dari para pembicara. Saya dan para blogger lainnya dipersilahkan untuk bertanya terkait kondisi kulit yang kami alami atau pun tentang produk-produk dari Bioderma. Acara dilanjutkan dengan workshop melukis yang dipandu oleh Miss Tita dari Ganara Art Space.

SAM_5099
Miss Tita dari Ganara Art Space.

PAINTING WORKSHOP BY GANARA ART SPACE

Botol minuman sudah disiapkan pada meja tempat di depan kami. Workshop kali ini merupakan watercolour painting dengan media botol minuman. Botol minuman yang disediakan tidak berbentuk tabung namun lebih menyerupai persegi panjang. Para tutor dari Ganara Art Space menempelkan kertas berbentuk sebuah tetesan air yang menjadi batas kami dalam menggambar. Kami menggunakan cat acrylic untuk melukis di atas botol minuman yang kemudian dikeringkan dengan menggunakan hair dryer.

Ternyata melukis di botol susah susah gampang ya hehehe. Saya sempat bingung mau gambar apa di botol minuman tersebut. Akhirnya saya memutuskan untuk mengambar tumbuhan, air dan sosok seorang wanita. Sosok inspirasi saya adalah Te Fiti, Mother Island, tokoh dewi dalam film animasi Disney yang berjudul Moana. Kebetulan saya lagi suka dengan film tersebut dan seperti biasa ponakan saya yang masih kecil terus-terusan memutar film itu di rumah.

SAM_5105

SAM_5106

Acara Bioderma ditutup dengan Workshop melukis dari Ganara Art Space. Meski info dari acara Bioderma ini lumayan banyak dan padat, namun saya tetap senang karena bisa menghabiskan hari Sabtu saya dengan produktif. Saya sempat kewalahan juga sih ketika menulis artikel ini karena infonya sangat banyak, hanya saja saya yakin info itu memang layak dibagikan kepada para pembaca, khususnya yang memang sedang mencari perawatan wajah yang cocok untuk kulitnya.

REVIEW SINGKAT HYDRABIO SERUM

Saya baru menggunakan Hydrabio Serum ini selama 7 hari setelah produk ini diberikan kepada saya lewat acara Bioderma Sabtu minggu lalu. Pertama kali saya memakai produk ini tidak ada reaksi penolakan yang timbul di wajah saya yang sensitif jadi produk ini aman saya gunakan. Setelah pemakaian pertama tidak menimbulkan reaksi negatif, saya lanjut memakai produk ini pada malam hari selama seminggu, khusus untuk pagi hari saya suka bolong-bolong memakai produk tersebut.

before after

Untitled-1

Hydrabio Serum berbentuk seperti gel transparan yang ringan. Serum ini cepat menyerap setelah dioleskan pada wajah serta tidak menimbulkan rasa lengket sama sekali. Produk ini menimbulkan efek segar dan lembab pada wajah. Perubahan kulit wajah setelah pemakaian seminggu memang tidak bisa langsung dikatakan wah. Hanya saja saya merasakan perubahan pada kulit wajah saya ke arah yang lebih baik yaitu tidak gampang kusam, lebih lembab dan make up yang saya gunakan lebih menempel di kulit wajah saya. Penampakan kulit wajah saya yang tadinya kasar pun terlihat lebih sehat setelah menggunakan produk ini. Bagian-bagian kulit yang kering di beberapa spot wajah saya juga berkurang.

Menurut saya produk ini sangat hemat dalam pemakaiannya, hanya dengan 1-2 pump biji jagung bisa digunakan untuk seluruh wajah. Bau produk ini juga harum namun tidak menyengat, malah baunya sangat lembut. Sejauh ini saya puas dengan performa produk serum dari Bioderma. Cuma ya namanya skin care, hasil maksimalnya baru terlihat setelah beberapa bulan pemakaian atau biasanya setelah habis memakai produk tersebut.

Saya akan update perkembangan produk tersebut jika saya sudah habis memakainya. Produk ini saya rekomendasikan untuk berbagai tipe jenis kulit, khusus bagi kulit yang memang cenderung kering mungkin produk ini bisa jadi pilihan perawatan sehari-hari. Terima kasih Bioderma Indonesia atas undangannya! See you on my next post readers!

SAM_5041

Special Thanks to Bioderma Indonesia! 

FOR MORE INFORMATION

Website : www.bioderma.co.id

Instagram : @bioderma_indonesia

Facebook : BiodermaIndonesia

Twitter : @Bioderma_ID

NOTE

This is a Sponsored Post. Every skin type is different. The products that work for me maybe will not work for you. All things that are written in this blog post are my own opinions and my honest experience. Do not copy my blog or my photos, if you want to use my blog or my photos please ask my permission by email and credit the copy page or image back to my blog.

7 thoughts on “Hydrabio Serum Bioderma Event”

  1. Seru sekali mbak event-nya. Kayanya aku bakalan nyoba lini skincare bioderma kl skincareku habis. Selama ini belum pernah nyoba. Tergoda dr review plus di guardian sering ada paket bundling yang lumayan murah.

    ernykurnia.com

    1. Halo Erny! Iya Bioderma patut di coba..samaa aku juga sering liat paket buat nyoba yang harganya murah di Guardian hehehhe

    1. Halooo Deeee..thank youuu :)..iya lebih sehat sih dibanding sebelumnya. Make up juga lebih nempel dibandingkan sebelum pake serum ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *