SAKALA Coworking Space

SAM_5432

Minggu lalu saya dihubungi oleh tetangga sebelah rumah saya via chat online Facebook. Mbak Pilag panggilan akrab saya terhadap beliau, mengundang saya untuk datang pada sebuah acara yang diadakan oleh SAKALA Coworking Space. Acara yang diajukan kepada saya merupakan beauty class dengan fokus riasan Smokey Eyes. Kebetulan Mbak Pilag sempat mampir ke blog saya yang banyak membahas seputar beauty sehingga timbul niat beliau menawarkan saya untuk ikut acara tersebut. Tanpa banyak basa-basi saya menerima undangan tersebut, saya pikir kapan lagi saya dapat mengikuti acara workshop di daerah Bekasi. Selama ini kelas workshop lebih sering diadakan di daerah Jakarta Selatan secara disana memang pusatnya seni. Karena undangan acara ini bersifat Free dari pihak SAKALA kepada saya yang seorang blogger, sebagai gantinya saya berjanji untuk mengulas SAKALA di blog pribadi saya.

Acara beauty class yang saya ikuti memang benar-benar bermamfaat. Pembicara beauty class tersebut yaitu mbak Ika Karwur (MUA & owner MSC Salon) benar-benar memberikan ilmu yang banyak untuk para peserta. Acara beauty class cukup berlangsung lama karena sesi awal full diisi dengan praktek pada model dan sesi tanya jawab. Para peserta baru memulai merias wajah sendiri pada sesi kedua yaitu setelah istirahat makan siang. Kebetulan sponsor beauty class kali ini ialah MAKE OVER, brand yang sudah tidak asing lagi bagi saya. Brand ini memang gencar melakukan beauty class sebagai strategi untuk mengenalkan produk mereka ke masyarakat luas. Brand ini juga ga pernah pelit memberikan potongan harga pada produk mereka untuk event-event tertentu.

SAM_5358

SAM_5359

SAM_5368

Seharusnya saya melakukan tahap wawancara dengan Mbak Pilag dan Mas Fafan selaku Founder dari SAKALA Coworking Space setelah acara tersebut berakhir, namun karena acara hari itu cukup padat maka saya memutuskan untuk membuat janji ulang dengan Mbak Pilag dan Mas Fafan untuk sesi wawancara. Kebetulan lokasi SAKALA Coworking Space tidak terlalu jauh dari rumah saya. Sebenarnya saya bisa wawancara Mbak Pilag di rumahnya sendiri mumpung rumah beliau tetangga-an dengan saya, tapi saya perlu mengambil beberapa foto untuk artikel yang mengulas SAKALA. Kami akhirnya memutuskan untuk melakukan sesi wawancara pada hari Kamis di SAKALA Coworking Space.

SAKALA Coworking Space terletak di daerah ruko Galaxy, kota Bekasi. Lokasi Coworking Space ini cukup jauh dari hiruk pikuk lingkungan perumahan Galaxy yang biasanya ramai dengan kendaraan. Saya datang membawa kendaraan pribadi siang itu. Lokasi SAKALA sendiri sudah bisa di akses melalui google map atau waze jadi cukup memudahkan saya untuk tidak nyasar ke tempat tersebut. Lokasi SAKALA yang berada di deretan paling ujung merupakan nilai plus tersendiri karena bangunan in memiliki jendela samping dengan pemandangan menghadap ke taman.

SAM_5434

Setelah saya sampai ke tempat tersebut, saya disambut baik oleh salah satu Founder dari SAKALA Coworking Space yaitu Mas Fafan. Saya ngobrol sebentar sambil menunggu Mbak Pilag yang masih terjebak macet di daerah Kalimalang. Tidak berapa lama, Mbak Pilag sampai di SAKALA bersama salah satu staff yang hari itu ikut menemaninya. Sambil di suguhkan makanan, saya memulai wawancara saya dengan Mbak Pilag dan Mas Fafan selaku pemilik dari SAKALA Coworking Space.

bb

Bermula dari sebuah artikel koran yang di baca Mbak Pilag sewaktu berada di rumah mertuanya, suami istri tersebut memiliki rencana untuk membuka sebuah Coworking Space di daerah Bekasi. Mbak Pilag sendiri yang berprofesi sebagai psikolog dan beberapa kali bekerja sebagai vendor rekrutmen beberapa perusahaan, juga mengalami kesulitan dalam bekerja di rumah. Meski bekerja secara freelance namun pekerjaan tersebut berhubungan dengan banyak sekali kertas bertumpuk sehingga cukup susah untuk mencari tempat untuk bekerja. Keinginan untuk bisa bekerja kondusif di luar rumah juga ikut mendorong perwujudan dari Coworking Space yang mereka ingin bentuk.

Mengapa tidak mengerjakan tugas di Coffee Shop saja?

Pertanyaan ini pasti muncul di benak kita semua, secara gaya hidup masyarakat sekarang sering menjadikan kedai kopi sebagai tempat mereka mengerjakan tugas atau pekerjaan. Mbak Pilag sendiri mengakui tidak leluasa untuk bekerja di sebuah kedai kopi dengan harus membawa dokumen-dokumen yang akan dikerjakan. Saya yang sering menulis artikel untuk blog juga pernah merasakan kondisi coffee shop yang tidak kondusif untuk melakukan pekerjaan. Gangguan yang saya hadapi bisa berupa bising-nya suara obrolan pengunjung yang datang, apalagi jika kondisi kedai kopi saat itu sedang ramai-ramainya. Hal ini jelas tidak hanya sekali terjadi namun berkali-kali, maklum tujuan orang ke kedai kopi memang bermacam-macam, tidak sepenuhnya pengunjung kedai kopi datang untuk mengerjakan tugas.

SAKALA (bahasa Sansekerta) mempunyai arti mewujudkan sesuatu menjadi bentuk nyata yang bisa dinikmati oleh panca indera

SAKALA sendiri merupakan nama yang diambil dari bahasa Sansekerta. Nama ini mempunyai arti mewujudkan sesuatu menjadi bentuk yang bisa dinikmati oleh panca indera. Mbak Pilag sendiri mempunyai harapan agar tempat ini menjadi tempat dimana para pengunjungnya dapat mencurahkan ide ke dalam bentuk yang lebih nyata. Terbentuknya SAKALA juga diharapkan bisa menjadi tempat bagi para pengunjung untuk bisa leluasa berkarya. Fokus pada komunitas, tim SAKALA turut aktif dalam menjalin komunikasi dengan para pengunjungnya.

Membuka Coworking Space di daerah Bekasi memang tidak mudah mengingat istilah ini termasuk baru untuk daerah pinggiran Kota Jakarta, secara kota Bekasi lebih dikenal dengan daerah perindustrian. Berbagai kendala sempat di alami oleh kedua suami istri dalam membuka bisnisnya. Mulai dari kendala biaya yang ternyata lebih banyak dihabiskan untuk mengisi Coworking Space tersebut. Masa-masa sepi pengunjung pun pernah di alami oleh SAKALA. Memang Mbak Pilag sendiri mengakui kurang gencar mempromosikan SAKALA melalui media sosial ketika SAKALA pertama kali buka. Sekarang situasinya mulai berubah, Mbak Pilag sendiri tidak terlalu takut ketika pengunjung mulai sepi karena beberapa pengunjung SAKALA sudah mengambil paket bulanan sekaligus.

SAKALA sendiri pernah mendapat tawaran dari investor untuk buka cabang di Bali namun hal itu masih di dalam pertimbangan kedua Founder SAKALA. Mas Fafan dan Mbak Pilag lebih ingin fokus kepada keluarga sembari membangun bisnis Coworking Space ini. Saat ini team SAKALA juga masih dalam bentuk kecil yaitu dua founder dengan tugas yang berbeda, Mbak Pilag sebagai penyumbang ide, Mas Fafan yang bertugas sebagai kepala operasional dan bisnis. Dua founder didukung oleh anggota tim lain dari SAKALA yaitu berupa satu admin, satu office boy dan satu Freelance Senior Marcomm (Marketing Communication). Meski masih dalam bentuk tim kecil, Mbak Pilag sendiri tidak memungkiri untuk memperluas SAKALA dan menambah tim kerja jika bisnis ini semakin berkembang.

Suasana lantai 1 Sakala Coworking Space, Bekasi.
Suasana lantai 1 Sakala Coworking Space, Bekasi.
Suasana lantai 2 Sakala Coworking Space, Bekasi.
Suasana lantai 2 Sakala Coworking Space, Bekasi.

SAM_5445

Suasana ruang meeting lantai 3 Sakala Coworking Space yang bisa disewa
Suasana ruang meeting lantai 3 Sakala Coworking Space yang bisa disewa

Selain menyediakan tempat untuk bekerja, SAKALA juga rutin membuka kelas workshop tiap bulan. Lantai satu bangunan ini lebih di utamakan untuk menyambut pengunjung SAKALA. Ibaratnya lantai satu gedung ini seperti ruang tamu. Sudut pojok ruangan lantai satu disediakan kopi dan teh yang memang dapat digunakan oleh pengunjung. Lantai dua di khususkan untuk pekerja yang ingin memiliki privasi lebih. Ruangan ini sewaktu-waktu bisa dijadikan ruang untuk kelas workshop yang diadakan oleh SAKALA. Lantai tiga bangunan ini dikhususkan sebagai mushola dan ruang rapat yang dapat di sewa oleh pengunjung.

Hal ini juga yang menjadi fokus bisnis dari SAKALA yang lebih mengutamakan membangun komunitas daripada hanya sekedar mengejar uang

Harapan Mbak Pilag sendiri sebagai founder dari SAKALA yaitu ingin membuka SAKALA lainnya di beberapa tempat. Kedua founder tersebut juga berharap suatu saat dapat membangun gedung sendiri untuk SAKALA. Kedua founder juga merasa bisnis yang mereka bangun ini sudah sangat erat hubungannya dengan mereka, rasanya seperti merawat anak sendiri. Hal ini juga yang menjadi fokus bisnis dari SAKALA yang lebih mengutamakan membangun komunitas daripada hanya sekedar mengejar uang. Pihak SAKALA sendiri belum berniat untuk menambahkan menu makanan pada pelayanan tambahan Coworking Space ini, karena SAKALA sendiri sudah dikelilingi oleh banyak tempat makan. Pengunjung SAKALA juga bisa mendapatkan diskon jika memesan makanan dari toko sekitar.

Harga sewa tempat di Sakala Coworking Space, Bekasi.
Harga sewa tempat di Sakala Coworking Space, Bekasi.

SAM_5447Tidak terasa sesi wawancara saya cukup berlangsung lama dengan kedua founder SAKALA. Saya sendiri sampai kenyang dengan makanan yang disajikan untuk saya. Sesi wawancara juga ditutup dengan sesi curhat bersama Mbak Pilag dan Mas Fafan. Kebetulan Mbak Pilag merupakan seorang psikolog sehingga saya lebih banyak meminta saran dan nasehat terkait karir dan kehidupan. Saya pulang agak malam dari SAKALA hari itu, untungnya hari itu SAKALA sedang sepi pengunjung. Bagi warga Bekasi khususnya kehadiran SAKALA sendiri merupakan sebuah potensi yang sayang untuk dilewatkan. Saya sendiri merasa senang karena tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta Selatan untuk mengikuti kelas workshop. Kamu bisa mengikuti Facebook atau Instagram SAKALA untuk update kelas workshop yang akan diadakan. Saran saya cepat-cepat booking kelas ya karena sering sekali banyak peminat yang tidak kebagian kelas workshop. Kelas workshop di SAKALA juga sering sold out mungkin memang peminat kelas di Bekasi cukup tinggi.

COME AND ENJOY SAKALA!

NOTE

This is a Sponsored Post. All things that are written in this blog post are my own opinions and interviewees honest responds. Do not copy my blog or my photos, if you want to use my blog or my photos please ask my permission by email and credit the copy page or image back to my blog.

FOR MORE INFORMATION

Sakala Coworking Space

Grand Galaxy City

blok RSN 7 no 36, Jakasetia, Bekasi 17148

Telepon : (021) 82733692

Email : sakala.space@gmail.com

Facebook : Sakala Coworking Space

Instagram : @sakala.space

Website : www.sakala.space

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *