My Holiday Packing List, Bali 2016

SAM_4528Sejak pertama kali saya pergi liburan ke Bali, pulau tersebut sudah jadi tempat favorite bagi saya untuk kembali lagi di liburan-liburan selanjutnya. Saya juga pernah magang selama sebulan di sebuah konsultan interior di daerah Kuta sehingga pulau ini cukup menyimpan banyak kenangan bagi saya sendiri. Ketika orang tua memberi izin saya dan adik saya pergi liburan ke Bali, hal itu langsung memompa semua semangat baik di diri saya. Sebenarnya draft cerita liburan ke Bali sudah saya persiapkan sejak Desember lalu namun karena akhir bulan Desember dan awal Januari banyak sekali acara keluarga jadi saya ga sempat-sempat untuk publish. Akhirnya saya bisa publish juga artikelnya hari ini meski hawa-hawa liburan sudah mulai lewat.

Bagi seseorang seperti saya, packing itu bisa jadi masalah lumayan berat. Saya selalu bingung sama orang yang bisa bawa tas kecil selama traveling sedangkan saya tuh selalu aja merasa kurang dengan apa yang saya bawa. Efek buruknya dari tidak bisa packing dengan baik yaitu saya selalu berakhir dengan membawa banyak botol-botol dan baju di tas saya. Saya baru sadar juga sih kalau saya kebiasaan bawa botol full size sabun mandi misalnya di tas saya, padahal mungkin saya liburan cuma empat hari aja. Belum lagi tangan dan badan saya sering pegal karena bawa tas/koper traveling yang terlalu berat selama perjalanan.

Untungnya beberapa hari sebelum berangkat ke Bali saya membaca beberapa refrensi para blogger tentang apa yang harus saya bawa dan apa yang tidak perlu saya bawa. Saya bersyukur tips dan sharing mereka telah memberikan saya banyak pelajaraan khususnya dalam packing. Beberapa refrensi yang saya baca untuk mempersiapkan liburan saya ke Bali yaitu tulisan blog Beauty : What I packed to Bali oleh Mbak Alodita dan Beach Beauty Tips oleh Agnes Oryza. Setelah membaca dua refrensi tersebut, saya buat list-list barang yang akan saya bawa di notebook saya, jadi bisa sekalian saya check jika ada yang kurang atau ternyata ada barang yang seharusnya tidak saya bawa karena fungsinya sama. So, here is my list!

SAM_4522SKINCARE

Setelah setahun lebih merawat kulit wajah dengan skincare yang cocok dengan kulit saya dan memperbaiki pola hidup, kulit saya terasa lebih jauh membaik dibandingkan sebelum-sebelumnya. Kulit wajah biasanya beradaptasi dengan lingkungan sekitar namun sering juga kulit mengalami efek samping dari lingkungan yang tiba-tiba berbeda dari lingkungan biasanya. Cuaca pantai identik dengan sinar matahari yang menyengat. Selama saya liburan pastinya saya juga akan banyak berkeliling di area pantai sehingga wajib bagi saya membawa skincare yang kira-kira menunjang kebutuhan kulit wajah. Saya membawa kemasan travel size Tri-intensive brightening serum Clarins dan Clarins Brightening Hydrating Emulsion untuk menjaga agar kulit saya tetap lembab. Saya juga membawa Yves Rocher Pure System untuk mengantisipasi jerawat/bruntus yang muncul karena perbedaan kondisi lingkungan. Saya membawa dua tube travel size yang berisi NUXE Comforting Cleansing Milk dan Cathy Doll Whitening Sunscreen SPF 50. Make up wajah yang saya bawa hanya BB cream perfect matte Skin Aqua karena ada kandungan perawatan juga di dalamnya. Finish BB cream ini dewy serta tidak menyebabkan kulit wajah kering.

SAM_4527MAKE UP

Ketika saya berlibur ke pantai, saya tidak ingin berdandan layaknya akan ke sebuah pesta. Saya hanya ingin kesan fresh dan natural sepanjang hari. Saya juga berniat untuk memakai riasan yang minim atau bahkan hanya memakai sunblock selama saya berada di pantai. Saya membawa mascara, eyeliner, pensil alis, bedak padat, concelear, blush on, lip tint dan tiga pilihan lipstick warna natural. Saya membawa make up remover kecil di tabung travel size bioderma yang isi sebenarnya ialah nivea make up remover untuk menghapus make up. Saya merasa lebih safe ketika membawa brush supaya riasan wajah lebih rapi ketika diaplikasikan. Saya hanya membawa tiga brush berupa kabuki brush, powder brush dan blush brush.

SAM_4648

SAM_4650BODY CARE

Saya membawa peralatan mandi dalam kemasan travel size sehingga koper saya tidak penuh dengan berbagai banyak botol besar. Peralatan mandi yang di bawa standard sih seperti, sabun, shampo, conditioner supaya rambut tidak kering, sikat gigi, pasta gigi, dan obat kumur. Semuanya saya bawa dalam kemasan travel size. Sunscreen untuk badan yang saya bawa yaitu Banana Boat Ulta Protect Sunscreen Lotion SPF 30 PA +++.

SAM_4647HAIR CARE

Wisata pantai identik dengan aktivitas yang berhubungan dengan air misalnya berenang. Efek samping dari berenang ialah rambut menjadi kering dan kasar. Bagi pemilik rambut ngembang akan sangat susah menjinakkan rambut jika rambut bertambah kering dan kasar apalagi jika intensitas berenangnya banyak. Saya tentu saja membawa shampo dan conditioner namun tidak lupa juga membawa hair oil dan hair balm untuk menjaga agar rambut tidak kering sehabis keramas atau ketika beraktivitas selama liburan. Hair oil biasanya saya pakai sesudah keramas sedangkan hair balm saya pakai jika setelah aktivitas rambut saya terasa kasar atau kering.

CLOTHES

Baju yang saya bawa untuk liburan, saya bagi menjadi tiga yaitu baju renang, baju untuk jalan dan baju untuk tidur. Baju untuk tidur biasanya hanya berupa kaos dan leging yang berbahan nyaman sehingga mengurangi jumlah pakaian yang dibawa.

SAM_4649FOOTWEAR

Footwear merupakan salah satu yang perlu dipertimbangkan ketika pergi berlibur. Jangan sampai perjalanan liburan menjadi tidak nyaman karena kaki lecet atau sakit akibat sepatu yang tidak nyaman. Saya membawa sepatu olahraga khusus untuk jalan yang tidak bertali, karena saya kurang suka harus ribet mengikat tali sepatu tiap kali lepas. Saya juga membawa sandal yang nyaman untuk jalan. Pastikan memilih sandal dengan bahan yang empuk agar kaki tidak cepat pegal atau luka.

CAMERA

Saya hanya punya pocket camera yang sering saya bawa kemana mana. Ini bukan kamera yang hype, canggih atau mirrorless namun kamera ini sudah menemani perjalanan saya dari akhir tahun kuliah sampai menjadi alat penghasil foto-foto untuk blog ini. Saya memang bukan tipe yang apa-apa harus canggih atau sesuai jaman, malah kadang saya lebih suka memakai barang lama yang punya nilai kenangan bagi saya dan tentunya nyaman untuk saya gunakan.

SAM_4494BAGS

Saya membawa satu tas selempang kecil, satu koper, dan dua tote bag. Koper yang kami bawa hanya satu namun isinya baju saya dan baju adik saya. Tote bag biasanya kami gunakan jika kami mau ke pantai atau jalan. Menurut saya, tote bag itu serba guna sekali karena bisa digunakan untuk menampung pakaian renang/pakaian ganti dan juga bisa digunakan untuk membawa oleh-oleh. Selain mengurangi penggunaan plastik, tote bag juga gampang di simpan jika tidak digunakan.

Hal-hal lain yang saya siapkan ketika berkemas yaitu mem-print tiket pesawat kami masing-masing, memang sih sekarang tiket bisa ditunjukkan via handphone namun saya tetap ga tenang kalo tidak print tiket dalam bentuk fisik, antisipasi kalau hp sedang habis baterai. Saya juga membawa beberapa snack untuk di perjalanan baik di bus DAMRI atau ketika berada di Pesawat. Saya juga menelpon Hotel tempat saya menginap paling lambat sehari sebelum saya berangkat untuk memastikan booking benar-benar sampai kepada pihak hotel dan juga memberikan info kepastian jam berapa kami sampai disana.

Sebenarnya ketika melakukan packing, saya awalnya kewalahan sendiri karena sudah lama saya tidak packing untuk traveling. Saya memang sudah lama ga liburan keluarga, karena sering kali momennya tidak tepat ntah saya yang masih kerja, adik yang masih ujian atau papa saya yang tidak bisa pergi karena kerjaan kantor, dan tidak lupa mama saya yang selalu kwatir meninggalkan keponakan saya tanpa pengawasan. Akhirnya karena berbagai hal, saya dan adik saya pergi duluan liburan ke Bali. Kebetulan adik saya pertengahan tahun kemarin baru lulus kuliah sehingga momennya pas untuk berlibur sejenak, sebelum adik saya atau mungkin saya akan kerja kantoran lagi. Meski capek packing namun saya senang sih karena semuanya terbayar dengan liburan yang menyenangkan di akhir tahun kemarin.

NOTE

This is NOT a Sponsored Post. All things that are written in this blog post are my own opinions and my honest experience. Do not copy my blog or my photos, if you want to use my blog or my photos please ask my permission by email and credit the copy page or image back to my blog.

6 thoughts on “My Holiday Packing List, Bali 2016”

    1. haloo mbak Mifthaa..iya banget aku juga sering gitu tapi jadinya tas membludak dan pas baik lbh membludak lagi karena bawa oleh2 ahahhaha. Sekarang lagi berusaha bawa yang perlu perlu aja karena lama2 capek bawa2 tas berat pas traveling hehehe

  1. Klu sy packing tuk liburan itu malah fitting dulu…soalnya berhijab..Jd gimana 1 hijab bisa cocok tuk pakaian lainnya..begitu jg bawahan hrs bisa cocok dgn sejumlah atasan supaya koper ga penuh dgn baju hehehe…

    1. Iya banget mbak Ina..memang kayaknya perlu fitting n udah persiapin mau pake baju apa untuk tiap harinya selama liburan apalagi bagi yang berhijab. Biar hemat bawa pakaian juga sih ya jadi ga semua baju cantik dibawa traveling semua hehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *