How to Create Insta Worthy Selfie

produk skin aqua dan beauty mask yang merupakan sponsor acara
produk skin aqua dan beauty mask yang merupakan sponsor acara

Minggu lalu saya berkesempatan hadir dalam acara Skin Aqua dan Clozette dengan topik How to Create Insta Worthy Selfie dengan dua pembicara utama yaitu Agnez Oryza (Beauty Blogger) dan Jovita Ayu (Travel Blogger) serta Mbak Yudith Noviantri (Representative dari Skin Aqua). Acara yang di sponsori Skin Aqua dan Beauty Mask ini dilaksanakan pada hari Sabtu di Letter D dengan mengundang para clozetter.

Kedua pembicara membagikan tips How to Create Insta Worthy khususnya untuk instagram. Bagi para blogger, vlogger atau yang menggunakan instagram sebagai buisness memang foto yang cantik serta kreatif akan menarik follower dan brand. Apa saja sih tips yang dibagikan untuk mendapatkan foto yang bagus untuk di post ke instagram? Berikut tips yang dibagikan oleh kedua pembicara.

MC, Agnez Oryza (Beauty Blogger) dan Jovita Ayu (Travel Blogger) serta Mbak Yudith Noviantri (Representative dari Skin Aqua)
MC, Agnez Oryza (Beauty Blogger) dan Jovita Ayu (Travel Blogger) serta Mbak Yudith Noviantri (Representative dari Skin Aqua)

LIGHTING

Dalam pengambilan foto peran cahaya memang sangat penting mau foto selfie ataupun produk cahaya mengambil peran agar benda atau sosok yang kita foto terlihat jelas dan dapat dinikmati. Lighting natural atau cahaya matahari memang lebih disarankan ketika kita mengambil foto karena efek yang di hasilkan lebih natural. Cahaya di area sekitar jendela akan nampak lebih bagus dan natural namun disarankan untuk tetap memakai suncreen jika ingin mengambil foto selfie atau figur untuk melindungi wajah dari sinar matahari. Lebih di sarankan memakai sunscreen dengan bahan dasar water based serta tidak menimbulkan white cast ketika akan mengambil foto dengan cahaya natural.

EKSPRESSION

Ekspresi dalam foto memang penting agar foto terlihat lebih menarik. Mbak Agnes Oryza juga menyarankan jangan terus-terusan mengupload foto selfie dengan ekspresi yang sama kecuali jika memang kita sebagai beauty enthusiat ingin menunjukkan make up of the day atau karya make up yang merupakan hasil karya kita. Mbak Agnes menyarankan sebaiknya dalam 6 foto yang di upload ke instagram cukup 1 foto saya yang merupakan foto selfie, bosan juga kan kalo followers kita hanya melihat foto selfie terus dengan angle yang sama hehehe.

ANGLE

Dalam pengambilan foto, angle juga berperan penting khususnya angle untuk wajah kita sendiri. Ketika mengambil foto selfie, kamera cukup berada dalam posisi tegak lurus. Posisi wajah juga perlu diperhatikan, angle mana yang cocok untuk tipe wajah kita. Jangan takut untuk mencoba berbagai macam angle sampai menemukan best angle selfie kita.

FACE SKIN

Kulit wajah memang jadi investasi setiap wanita. Foto selfie yang terlalu banyak editan mulai kurang di nikmati sedangkan foto non filter lebih banyak di minati. Salah satu kunci penting dalam merawat wajah yaitu dengan rajin membersihkan wajah. Jika wajah bersih maka skin care juga lebih mudah menyerap dan gampang meresap. Mbak Agnes sendiri mempunyai tips untuk merawat kulit wajahnya yaitu dengan maskeran 5 kali dalam seminggu bahkan katanya orang korea juga mempunyai kebiasaan untuk menggunakan sheet mask setiap hari untuk merawat kulitnya. Gunakan Sheet mask yang aman digunakan setiap hari bukan exfoliator mask dan biasakan juga menggunakan mask dengan kandungan yang berbeda-beda agar semua kebutuhan nutrisi kulit tercukupi.

BACKGROUND

Background foto juga berperan dalam pegambilan foto. Mbak Jovitha sebagai travel blogger menyarankan untuk mencoba berbagai macam spot untuk mendapatkan foto yang bagus khususnya jika kita sedang traveling. Mbak Jovitha juga lebih sering mengunakan kamera digital atau kamera handphone ketika traveling karena lebih ringan dibawa.

Lomba wefie yang lokasinya di lakukan di tangga Letter D, Senopati
Lomba wefie yang lokasinya di lakukan di tangga Letter D, Senopati

Setelah mendengarkan panjang lebar tentang How to Create Insta Worthy Selfie, para clozetter ditantang untuk wefie dengan berbagai macam ekspresi. Grup saya memilih mirror wefie agar semua ekspresi anggota grup dapat terlihat jelas. Kami sempat mencoba wefie dengan satu orang yang memegang kamera namun cara tersebut agak ribet karena framenya jadi penuh dan tangan saya kurang panjang untuk mengatur jarak kamera. Meskipun tidak menang namun kami tetap happy karena fotonya tetap epic menurut kami hehehe.

a2

Acara di lanjutkan dengan makan siang dan juga beberapa clozetter nampak melakukan skin check pada kulit karena di awal acara tidak sempat melakukan skin check. Saya juga melakukan skin check karena saya kepo dengan kondisi kulit saya sekarang hehehe. Ternyata hasil skin check saya lebih ke arah pori-pori wajah yang masih besar di beberapa spot namun lebih berkurang dibandingkan skin check saya bulan lalu di event yang berbeda. Potensi bintik hitam pada wajah saya juga cukup banyak dan saya di sarankan untuk selalu ingat memakai sun block, bisa juga menggunakan BB cream dari Skin Aqua untuk lebih praktis karena sudah ada SPFnya.

Untitled-1

Acara di tutup dengan mengumumkan Best Dress dan Best Selfie via instagram bagi peserta yang sudah upload fotonya. Setelah itu kami dan para pembicara serta panitia berfoto bersama. Para peserta yang datang juga di berikan goodie bag dari Skin Aqua, Beauty Mask dan Clozette.

REVIEW PRODUK SKIN AQUA

Sebenarnya produk SKIN AQUA sudah ramai di bicarakan di kalangan beauty blogger dan beauty enthusiat. Setelah melakukan skin check di acara kemarin, saya jadi sadar banget betapa pentingnya penggunaan sun block bagi wajah karena dulu pas saya kuliah, jangankan make up pakai sun block aja saya ga pernah, maklum saya baru kenal dunia kecantikan ketika dua tahun setelah lulus dari kampus hehehe.

SAM_3940

Pasti sudah banyak yang tahu bahwa sinar matahari apalagi sinar matahari sekarang itu bisa berbahaya bagi kulit bahkan bisa menyebabkan kanker kulit, nah lhoo seremm kann. Sinar matahari terdiri dari dua tipe yaitu UV A dan UV B

UV A : Sinar matahari dengan gelombang paling panjang dan dapat menembus jaringan kulit dan pembuluh darah. Sinar UV A ini dapat menembus kaca dan terpantul oleh aspal sehingga mampu menembus ruangan tempat kamu berada. Sinar ini dapat menyebabkan penuaan dini yang jadi penyebab kulit menjadi kendur dan berkerut.

UV B : Sinar matahari dengan panjang gelombang menegah dan hanya menembus kulit bagian luar. Radiasi paling berbahaya antara jam 10.00-14.00 karena posisi matahari tepat di puncaknya. Sinar ini dapat membakar kulit dan mengakibatkan kulit kemerahan, perih, dan mengelupas. Sinar ini sama seperti UV A dapat menyebabkan kanker kulit.

Setelah mendengar tentang efek buruk dari UV A dan UV B, saya sadar banget bila kita perlu untuk memakai sun block bahkan ketika kita beraktivitas di dalam ruangan, khususnya jika meja kerja kita langsung dekat dengan jendela. Apalagi bagi saya yang kadang foto produk dengan memamfaatkan sinar Matahari, kadang saya mengambil foto di outdoor atau tepat di depan jendela.

Sama seperti yang lain, saya kadang ga suka pakai sun block karena bahannya yang berminyak malah makin membuat wajah saya yang kombinasi menjadi lebih oily atau keliatan kayak kilang minyak. Efek white cast di wajah yang biasanya ditimbulkan oleh produk sun block juga menganggu karena membuat wajah jadi lebih putih seperti topeng. Karena beberapa keluhan seperti itu saya jadi malas memakai sun block.

Untungnya produk Skin Aqua berbahan dasar air sehingga ringan di pakai setiap hari dan tidak menimbulkan white cast di wajah. Produk Skin Aqua juga mempunyai beberapa varian yang dikhususkan untuk beberapa tipe jenis kulit yaitu untuk kulit normal ke oily, kulit kering, sensitif dan berjerawat serta untuk segala jenis kulit.  Produk Skin Aqua juga sudah memiliki SPF yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV-B dan PA untuk melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B. Produk Skin Aqua ini juga tidak hanya berfungsi sebagai sun protector tetapi juga sebagai skin care untuk merawat kulit wajah kita. Skin Aqua juga mempunyai produk BB cream yang sudah dilengkapi SPF dan PA sehingga praktis sebagai alas bedak ringan yang bisa dipakai setiap hari.

Produk dari Skin Aqua tidak hanya terdiri dari berbagai varian untuk tipe kulit, namun juga mempunyai varian SPF dan PA yaitu mulai dari SPF 20 –SPF 50 serta PA ++ sampai PA +++ . Apa sih yang membedakan angka SPF ini? dan mengapa ada range angka SPF dari yang rendah ke tinggi? Berikut penjelasan tentang tingkatan SPF dari FDA U.S Food and Drug Administration.

SPF is a measure of how much solar energy (UV radiation) is required to produce sunburn on protected skin (i.e., in the presence of sunscreen) relative to the amount of solar energy required to produce sunburn on unprotected skin. As the SPF value increases, sunburn protection increases. (FDA, sumber di sini)

Jadi semakin tinggi angka SPF semakin tinggi juga ketahanan sun block yang kita gunakan, bukan seberapa lama durasi waktu sun block tersebut tahan melindungi kulit. Hal ini juga berlaku pada semakin banyaknya nilai + pada PA sun block memberikan informasi semakin kuat ketahanannya melindungi kulit dari UV A dan tidak ada hubungannya dengan durasi waktu. Sehingga meski memakai sun block jangan berniat juga menantang matahari dengan berjemur lama karena tetap bisa merusak kulit hehehe.

KESAN MEMAKAI PRODUK SKIN AQUA

Karena wajah saya cenderung kombinasi maka saya lebih cocok menggunakan SKIN AQUA UV Moisture Gel SPF 30, PA ++ untuk kulit wajah saya. Kesan pertama memakai produk ini terasa sangat ringan dan lembab karena produknya menggunakan water based jadi tidak terasa berminyak. Saya juga memakai SKIN AQUA BB CREAM Perfect Matte SPF 27, PA ++ setelah memakai sun block. Teksture berbagai varian produk sun block hampir sama namun untuk varian dengan SPF 50 terasa lebih ringan, lebih transparan dan lebih cair dibandingkan dengan varian lainnya.

Tesktur sun block hampir sama namun lebih ringan dan transparan sun block SKIN AQUA dengan spf 50 (bagian paling kanan)
Tesktur sun block hampir sama namun lebih ringan dan transparan sun block SKIN AQUA dengan spf 50 (bagian paling kanan)
Before After BB Cream Skinaqua
Before After BB Cream SKIN AQUA
Hasil pemakaian produk SKIN AQUA
Hasil pemakaian produk SKIN AQUA

BB cream dari Skin Aqua ini gampang di blend dengan tangan dan cepat menyerap ke kulit serta terasa sangat ringan seperti tidak memakai make up. Coverage untuk BB Cream medium light jadi hasilnya natural di kulit wajah dan warnanya lama kelamaan mengikuti warna wajah namun membuat efek lebih cerah. Hasil di wajah saya ketika memakai kedua produk ini lebih ke arah dewy. Setelah menggunakannya sekitar 8 jam memang kulit saya terlihat berminyak karena saya sempat mengikuti launching sebuah brand dan kondisi ruangan saat itu full dengan banyak orang sehingga membuat saya juga berkeringat. Ketika saya set lagi dengan bedak tabur, kesan berminyaknya pada wajah berkurang. Saya lebih memilih memakai sun block saja atau BB cream saja untuk pemakaian sehari-hari karena memakai double produk sepertinya memicu lebih banyak minyak di wajah saya.

KESIMPULAN

  • Saya suka dengan tekstur produknya yang water based sehingga sangat ringan di kulit.
  • Produknya mudah di blend dan cepat menyerap di kulit. Hasil pemakaian di kulit saya dewy dan terasa lembab.
  • Varian BB creamnya memudahkan untuk dandan sehari-hari sebagai alas bedak dan sekaligus sun block.
  • Banyak varian produk untuk berbagai tipe kulit sehingga memudahkan pengguna memilih sesuai jenis kulitnya.
  • BB cream-nya agak berbau seperti bau kosmetik pada umumnya, namun beberapa orang tidak suka dengan bau pada kosmetik, sedangkan saya masih fine dengan hal itu. Setelah BB cream di baurkan ke kulit wajah kita, baunya akan menghilang.
  • Produknya mudah di dapat di drug store dan harganya pun masih bersahabat di kantong.
  • Bagi kulit saya yang gampang berminyak apalagi ketika beraktivitas mungkin lebih baik memilih salah satu pemakaian yaitu memakai sun block atau BB cream.

Special Thanks to Clozette, SKIN AQUA, and Beauty Mask

UPDATE 2016/10/23

Setelah menggunakan hanya satu produk dan tidak di lapis dua kali (sun block ditambah BB cream dari SKIN Aqua) wajah saya tidak terlalu berminyak dalam jangka waktu yang lama. Sepertinya saya lebih cocok memakai satu produk saja di kulit jadi tidak usah di lapis dua kali. Beberapa hari ini yang paling sering saya pakai karena lebih praktis adalah BB cream sedangkan jika saya memakai Sun Block lebih sering saya lapis lagi dengan bedak saja.

NOTE

This is a sponsored post. All things that is written in this blog post are my own opinions and my honest experience. Every skin has a different condition, every product that works for my skin may not work for you. Do not copy my blog or my photos, if you want to use my blog or my photos please ask my permission by email and credit the copy page or image back to my blog.

2 thoughts on “How to Create Insta Worthy Selfie”

  1. Maskeran 5 kali seminggu? Memang boleh mba? Bukannya maskeran terlalu sering gak bagus. Kalau tidak salah seminggu paling banyak 3 kali aja. Tapi gak tahu juga sih…..(ih, apa sih…). Btw wajahnya mirip adik bungsuku beda di mata aja, adikku sipit.

    1. nah itu juga mbak saya sempet bingung soalnya saya maskeran paling 3 kali sehari hehehe..kemarin sih katanya pakai masker yang cocok digunakan untuk tiap hari, masker sheet yang lembaran itu mbak yang lebih untuk melembabkan dan menutrisi kali ya hehehe. Thanks for visit mbak Haeriah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *